Rabu, 05 Oktober 2011

Tips Menghemat Baterai Laptop

Terkadang permasalah Baterai bocor atau boros merupakan momok bagi para pengguna Notebook atau Laptop. Disaat sedang tengah kerja tiba tiba baterai habis dan kita tidak menemukan stop kontak dimanapun. Untuk mengatasi hal-hal tersebut kita bisa mencoba untuk melakukan penghematan baterai, disamping untuk memperpanjang umur baterai itu sendiri kita dapat leluasa bekerja tanpa takut baterai yang kita gunakan habis.

Berikut adalah cara yang bisa kita gunakan:

1.Optimisasi PowerSettings
Tampilan pada layar dan hard disk adalah dua sumber konsumsi baterai terbesar. Kebanyakan laptop datang dengan skema penggunaan energi yang dapat memperpanjang baterai laptop anda. Pastikan anda memilih "Max Power" untuk menghemat sebanyak mungkin tenaga.

2.Redupkan LayarAnda
Semakin terang layar anda, semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Jika anda tidak dapat bekerja dengan yang redup, setidaknya buatlah ia secara otomatis menjadi lebih redup saat tidak digunakan.

3.Singkirkan PeralatanEksternal
Singkirkan atau matikan USB saat tidak digunakan.

4.Jangan gunakanWiFi atau Bluetooth
Seperti peralatan eksternal, WiFi dan Bluetooth mengkonsumsi banyak tenaga. Matikan saat tidak digunakan, maka kerja laptop anda akan menjadi lebih ringan.

5.Jangan menggunakanCD/DVD drive
Hard drive mengkonsumsi banyak energi, tapi CD/DVD drive mengkonsumsi lebih banyak lagi. Cobalah untuk menyimpan informasi pada hard drive dan gunakan dari sana.

6.Hibernate, janganStandby
Standby mengurangi penggunaan energi, namun tidak sebanyak hibernation yang membuat pemakaian energi menjadi nol saat tidak aktif.

7. Jangan melakukan Multitasking
Cobalah untuk mengerjakan satu hal setiap waktu saat anda mengandalkan baterai. Semakin banyak aplikasi semakin besar beban yang diterima laptop anda.

8. Matikan/kecilkan volume speaker
Untuk dapat menghasilkan suara, speaker mambutuhkan asupan daya untuk menggerakkan membrannya. Semakin besar daya yang diberikan, semakin besar suaranya. Ada baiknya anda tidak mendengarkan musik secara terus menerus saat bekerja.
9. Kurangi aplikasi background
Aplikasinya dapat berupa “Search”, “Schedule Task”, and "Alarm" dan sebagianya. Matikan saja jika sedang tidak digunakan.

10. Keluarkan CD/kepingan disk dari disk drive-nya
Jika terdapat CD/DVD dalam sebuah drive, terkadang drive akan memutarnya secara otmatis terutama jika kita sedang mencari file di folder tertentu. Ada baiknya menghemat tenaga untuk tidak menggunakan CD Drive jika tidak digunakan.

Selamat mencoba tips di atas,
BTW STOP GLOBAL WARMING..
save energy for better life...